Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi menu Ms Word 2010

Microsoft Word 2010
Merupakan sebuah program pengolah kata (word prosecceor) yang diproduksi oleh microsoft. Mocrosoft word 2010 ini muncul dengan sejumlah peningkatan dibanding microsoft sbelumnya, sehingga memudahkan pengguna komputer tersebut.
Memahami microsoft word 2010

·         User interface
    Terdapat beberapa bagian antara lain :
a)      Quick access toolbar
Terletak dibagian atas menu ribbon. Yang menunjukkan perintah save, undo, repeat. Kita dapat menmbahkan perintah lainnya dengan cara :
1)      Klik panah drop-down yang terdapat di sebelah kanan quick access toolbar
2)      Kemudian pilih perintah sesuai dengan keinginana kita.

b)      Menu ribbon
Menu ini terletak dibagian bawah quick access toolbar, untuk pengaksesanya dapat langsung diklik pada tab yang diinginkan atau klik tombol F10 (muncul angka atau huruf pada menu ribbon) kemudian diikuti dengan menekan angka atau huruf pada tab yang kita inginkan.
c)      Status bar
Terdapat di bagian bawah, yang terdapat informasi banyaknya jumlah suku kata yang kita gunakan dalam pembuatan dokumen, banyaknya halaman dan menampilkan bahasa yang kita pakai.
d)     Area dokumen
Pada area dokumen ini kita bisa menambahkan ketikkan berupa teks, gambar, tabel serta diagram dan pelengkap teks lainnya.
e)      Title bar
Bagian paling atas yang berada ditengah dimana merupakan identitas atau nam suatu dokumen yang sedang kita kerjakan.
f)       Ruller
Merupakan tool yang dapat kita gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halama dokumen secara manual. Terdapat 2 ruller, ruller horizontal (berada dibagian bawah menu ribbon) dan ruller vertikal (berada disamping kiri jendela word)


Memahami beberapa bagian dari tab menu:
1. Tab file, tab ini digunakan ketika kita ingin menyimpan suatu dokumen.
2. Tab home, tab ini adalah yang paling sering digunakan, dimana pada tab home ini berisi fitur format teks seperti font dan perubahan paragraf.
3. Tab insert, pada bagian tab insert kita bisa memasukkan berbagai item ke dalam dokumen dari mulai gambar, clip art, tabel, dan header footer.
4. Tab page layout, bagian tab ini berisi perintah-perintah seperti pengaturan margin, memasukkan kolom, memberikan latar belakang dan tema.
5. Tab references, tab ini bisa kita gunakan saat ingin membuat daftar isi dan membuat nomor halaman.
6. Tab mailings, berfungsi untuk membuat link yang akan terhubung ke database yang sudah dibuat
7. Tab review, membantu ketika pada dokumen kita terjadi kesalahan dalam ejaan  dan tata bahasa.
8. Tab view, tab ini digunakan ketika kita ingin mengubah tampilan dokumen kita menjadi dokumen dua halaman yang berbeda atau memperbesar/memperkecil.


fungsi menu pada tab file  
  • Save , menyimpan dokumen
  • Save as , menyimpan dokumen dengan format lain seperti PDF, Doc, dot, html dan lain-lain.
  • Open , untuk membuka file dokumen.
  • Close , untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan.
  • Info , untuk menampilkan informasi lain seperti jika kita ingin memberikan pasword    pada dokumen kita.
  • Recent , untuk melihat informasi dokumen yang telah kita kerjakan sebelumnya.
  • New , untuk membuat dokumen baru.
  • Print , menampilkan informasi dokumen yang akan diprint.
  • Save dan send , untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang dibuat.
  • Help , menyediakan bantuan-bantuan yang terdapat di ms word 2010.
  • Options , melakukan pengaturan seperti display, theme ,font dll.
  • Exit , untuk keluar dari aplikasi ms word 2010.
  • paste , untuk menempelkan tulisan ataupun gambar yang telah disalin.
  • cut . untuk memotong tulisan ataupun gambar yang tidak kita inginkan.
  • copy , untuk menyalin tulisan atau gambar.
  • font style, utuk merubah jenis tulisan yang diinginkan.
  • bold (B) , untuk menebalkan tulisan.
  • italic (I), untuk memiringkan tulisan .
  • underline (U), untuk menggarisbawahi tulisan.
  • abc , untuk mencoret tulisan.
  • suprscript dan subscripot untuk membuat pangkat pada tulisan
  • font size, untuk merubah ukuran pada tulisan
  • a style , gaya pada tulisan
  • highlight text (ab) , untuk memblok kata atau kalimat
  • font color (A) , untuk merubah warna pada huruf atau tulisan
  • align left, untuk merubah bentuk tulisan menjadi rata kiri
  • align center , untuk merubah bentuk tulisan menjadi rata tengah
  • align right , untuk merubah bentuk tulisan menjadi rata kanan
  • align justify , untuk merubah bentuk tulisan menjadi rata kanan dan kiri
  • shading color , untuk merubah warna blok pada tulisan
  • icon tabel , untuk membuat tabel secara manual
  • bullets , untuk membuat icon kecil disamping tulisan
  • numbering , penomoran pada samping tulisan
  • multilevel list, kombinasi list antara bullets dengan numbering
  • increase dan decrease, untuk menambahkan atau menguranga lebarnya paragraf
  • sort, untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad
 fungsi menu pada tab insert
  • cover page , untuk membuat cover halaman pada dokumen
  • blank page, untuk menambahkan halaman baru
  • page break, untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya
  • table, untuk membuat tabel pada dokumen
  • picture, untuk menambahkan gambar
  • clip art, untuk menambahkan gambra kecil dari komputer itu sendiri
  • shapes, untuk menambahkan bentuk seperti tabung, segitiga dll
  • smartart, untuk membuat diagram batang, dll
  • chart, untuk menambahkan diagram 
  • screenshoot, untuk memasukkan hasil tangkapan layar dengan cepat
  • hyperlink, untuk memasukkan link
  • bookmark, untuk menyimpan bagian dokumen yang penting
  • headear, untuk membuat catatan kaki namun letaknya diatas
  • footer, untuk membuat catatan kaki
  • page number, untuk membuat nomor halaman
  • text box, untuk membuat teks dalam kotak
  • word art, untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya
  • drop cap, untuk membuat bentuk tulisan seperti koran dll
  • equation, untuk menambahkan simbol matematika
  • symbol, menambahkan simbol matematika
fungsi menu pada tab page layout
  • themes, untuk pembuatan tema
  • margins, pengaturn ukuran kertas
  • orientation, mengatur mode kertas
  • size, jenis kertas yang digunakan
  • column, jenis kolom yang digunakan
  • watermark, untuk membuat gambar transparan
  • page color, warna atau gambar baground
  • page border, bingkai pada dokumen
fungsi menu pada tab reference
  • table of contents, untuk membuat daftar isi
  • add text, untuk membuat paragraf
  • update table, untuk memperbaharui daftar isi
  • insert footnote, untuk menyisipkan catatn kaki
  • insert endnote, untuk menyisikan catatan diakhir bab
  • next footnote, untuk memantau endnote dan footnote
  • show notes, menunjukkan lokasi catatan
  • insert citations, menyisipkan kutipan langsung
  • manage sources, mengelola seluruh sumber kutipan
  • style, bentuk gaya bibliography ygang diinginkan
  • bibliography, untuk menyisipkan daftar pustaka
fungsi menu pada tab mailings
  • envelopes, untuk membuat bentuk amplop
  • labels, untuk membuat bentuk label
  • start mail merge, untuk membuat surat yang ingin mengirim lewat email beberapa kali
  • select recipient, memilih daftar kontak yang ingi dijadikan penerima surat
fungsi menu pada tab review
  • spelling and grammer, untuk memeriksa ejaan pada dokumen
  • research, membuka panel referensi
  • translate, untuk mnerjemahkan kata
  • new comments, untuk memasukkan komentar
fungsi menu pada tab view
  • print layout, untuk melihat hasil ketikkan yang akan dicetak
  • full screen reading, untuk melihat hasil ketikkan dengan maksimal
  • wab layout, untuk melihat hasil kerja wab
  • outline view, untuk melihathail kerja sesuai urutan
  • draft view, untuk melihat hasil kerja sesuai konsep


1.   

Komentar