Pengenalan ms excel 2010, mengenal menu dan fungsi menu

Pengenalan Microsoft Excel 2010, mengenal menu dan fungsi menu

Microsoft excel adalah program aplikasi pada microsoft office yang digunakan dalam pengolahan angka.

terdapat beberapa tab menu pada microsoft excel antara lain :
  • tab menu file merupakan menu utama pada microsoft excel , berfungsi untuk membuat, menyimpan, membuka.
  1. save , untuk menyimpan dokumen yang kita buat
  2. save as , untuk menyimpan dokumen dengan nama yang baru
  3. open, untuk membuka lembar kerja sebelumnya
  4. close , untuk keluar dari jendela microsoft excel
  5. info , untuk memberikan informasi tentang microsoft excel
  6.  recent , untuk membuka lembar kerja yang baru kita buat
  7. new , untuk membuat lembar kerja baru
  8. print , perintah untuk melakukan pencetakan
  9. save and send , menyimpan serta mengirimkan file
  10. help , yaitu tempat untuk mencari bantuan terhadap masalah pada ms excel.
  • tab menu home berfungsi untuk melakukan pengeditan pada dokumen yang sedang dikerjakan.
  1. clipboard adalah grup perintah yang digunakan untuk melakukan cut, copy, paste.
  2. font adalah grup perintah yang berfungsi untuk manajemen font pada microsoft excel.
  3. aligment adalah grup perintah yang berfungsi untuk mengatur perataan tampilan data serta penggabungan sel microsoft excel.
  4. number adalag grup perintah yang berfungsi untuk merubah format tampilan angka pada microsoft excel
  5. style adalah grup perintah yang berfungsi untuk memberikan kustomisasi tampilan sel pada microsoft excel
  6. cells adalah grup perintah yang fungsinya untuk melakukan modifikasi sel baik width, height dan lain-lain
  7. editing adalah grup perintah yang sangat berfungsi bagi microsoft ecel
  • tab menu insert berfungsi untuk menyisipkan data pada lembar kerja microsoft excel.
  1. tables merupakan grup perintah yang berfungsi untuk membuat tabel dan pivot.
  2. illustrations adalah grup perintah yang berfungsi untuk menambahkan gambar dan shape
  3. Add-ins adalah grup untuk menambahkan fitur tambahan dari microsoft store.
  4. charts adalah grup yang berfungsi untuk membuat grafik.
  5. tours adalah grup yang fungsinya untuk membuat data geografis. 
  6. sparklines adalah grup perintah untuk membuat mini charts.
  7. filters digunakan untuk menyaring data.
  8. links digunakan untuk menambahkan hyperlink pada sel.
  9. text unuk menambahkan teks khusus
  10. symbols untuk menambahkan symbol atau rumes. 
  • tab menu page layout digunakan untuk mengatur ukuran lembar kerja terkait dengan proses mencetak file excel.
  1. themes digunakan untuk memberi efek visual
  2. page setup untuk melakukan pengaturan pada lembar kerja
  3. scale to fit untuk mengatur skala baris 
  4. sheet option untuk menampilkan garis pembatas sel
  5. arrange untuk mengatur objek umumnya berupa shape
  • menu formulas berisi perintah terkait formula excel
  1. fungtion library  berfungsi menampilkan semua formula 
  2. defined names untuk memberikan nama sel
  3. formula auditing untuk manajemen suatu proses pada ms excel.
  4. calculation untuk menghitung suatu formula secara langsung 
  • tab menu data terkait dengan manajemen data secara keseluruhan
  1. get external data untuk melakukan import data
  2. get & transform untuk menggabungkan data dari sumber yang beda
  3. connections untuk menghubungkan tabel dalam lembar kerja
  4. sort&filter juga terdapat pada mmenu home 
  5. data tools digunakan pada penggunaan tingkat lanjut untuk analisis data
  6. forecast untuk meramalakan atau peluang untuk menggunakan ms excel
  7. outline untuk mengelompokkan data 
  • tab menu review terkait dengan penulisan, perubahan serta komentar pada microsoft excel.
  1. proofing berfungsi menganalisis kesalahan penulisan
  2. insight untuk mencari informasi terkait data 
  3. languange berfungsi menerjemahkan data 
  4. comments untuk menambahkan komentar
  5. changes memberikan keamanan data  
  • tab menu view terkait dengan tampilan pada jendla microsoft excel secara keseluruhan.
  1. worlbook view untuk merubah tampilan lembar kerja
  2. show berfungsi menampilkan rules, formula bar, gridlines atau heading
  3. zoom untuk memperkecil atau memperbesar tampilan lembar kerja
  4. window terkait  dengan manajemen jendela microsoft excel
  5. macros perintah tingkat lanjut untuk manajemen perintah pada microsoft excel.  

Komentar